Sabtu, 22 September 2012

Komponen Sistem Peredaran Darah - Jantung -


JANTUNG
-   Jantung memiliki 4 ruang dan terletak di dalam rongga dada serta terbungkus oleh perikardia.
-   Perikardia terdiri dari dua lapis, yakni lamina viseralis (menempel di dinding jantung) dan lamina pariestalis (sebelah luar). Diantara kedua lapis ini terdapat kavum perikardia yang berisi cairan perikardia.
-   Jantung terdiri dari 2 serambi (atrium) dan 2 bilik (ventrikel). Jantung dibentuk terutama oleh 3 jenis otot jantung (miokardia), yaitu otot serambi, otot bilik, seerta serabut otot perangsang dan penghantar khusus.
-   Pada sekat kedua serambi terdapat simpul saraf tak sadar yang kemuadian keluar sebagai suatu berkas yang disebut berkas His.
-   Diantara serambi dan bilik jantung terdapat katup atrioventrikuler (valvula bikuspidalis) yang berfungsi mencegah aliran darah dari bilik ke serambi selama sistol. Katup semilunaris (katup aorta dan pulmonalis) mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis selama diastol.
Cara Kerja Jantung
1.  Periode dari suatu akhir kontraksi hingga akhir kontraksi berikutnya disebut siklus jantung.
2.  Siklus jantung terdiri dari periode relaksasi yang dinamakan diastol, yaitu jika serambi jantung menguncup dan bilik jantung mengembang.
3.  Periode kontraksi dinamakan sistol, yaitu jika otot bilik jantung menguncup dan darah di dalam bilik dipompa ke pembukuh nadi paru-paru ataupun aorta secara bersamaan.
4.  Tekanan darah dapat diukur dengan tensimeter (sphygmomanometer). Yang diukur adalah tekanan sistol dan diastol.
5.  Pada orang dewasa sehat umumnya sistol sebesar 120 mmHg dan distol sebesar 80 mmHg.
6.  Seperti halnya organ lain, jantung juga memerlukan makan ang diperoleh dari pembuluh nadi tajuk (arteri koronaria)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar